Peduli Generasi Masa Depan. Ditlantas Polda Kalteng Gelar Polsanak Bersama TK RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya

Demi terciptanya kedisiplinan sejak dini dalam berlalulintas. Ditlantas Polda Kalteng Gelar Polisi Sahabat Anak (POLSANAK) kepada murid taman kanak-kanak (TK). Kamis (09/11/2023) pagi.

Seperti yang sudah di jadwalkan hari ini Ditlantas mendapat kunjungan dari TK RA. Nurul Hikmah Kota Palangka Raya.
Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto melalui Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol R.S. Handoyo, S.I.K., M.Si. mengatakan ini merupakan program rutin Ditlantas untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada anak usia dini untuk tertib berlalu lintas.
“Program Polsanak ini merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang lalu lintas kepada para peserta didik, dengan harapan murid ini dapat menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing dan menyebarkan kesadaran lalu lintas kepada generasi muda,” ungkap Dirlantas
 
Sementara itu Kasubdit Kamsel AKBP Wara Budi Hastuti, S.H. mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya berikan pengenalan kepada murid-murid TK dari hal yang paling sederhana dan hal yang paling sering mereka lihat di jalan raya yakni rambu-rambu lalu lintas seperti larangan berhenti, larangan parkir hingga larangan memutar” ucap Wara
“Selain itu, kita juga mengajarkan tanda larang, juga kami kenalkan fungsi dan arti lampu lalu lintas yang sering juga mereka lihat, yakni lampu merah, kuning dan hijau yang memiliki arti masing-masing serta kami ajarkan senam simpang jalan, 12 gerakan dasar lalu lintas, dan kendaraan yang digunakan oleh Polantas,” jelasnya 
Dengan pendekatan seperti ini Kasubditkamsel mengatakan akan terus dilakukan kepada sekolah-sekolah, baik kelompok bermain, dasar ataupun atas. Sebab ini juga salah satu upaya kami dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Untuk diketahui Kegiatan ini juga sebagai upaya pihak kepolisian khususnya Direktorat Lalu Lintas untuk lebih mendekatkan diri dengan sosok anak-anak di tingkat Taman Kanak-Kanak, sehingga apa yang disampaikan dapat diingat dan diterapkan dalam rutinitas sehari-hari.
“Semoga melalui kegiatan pengenalan aturan berlalu lintas ini dapat menumbuh kembangkan wawasan disiplin dan tertib berlalu lintas sejak usia dini, sehingga kelak dapat membentuk kepribadian para murid yang lebih disiplin dalam berkendara di jalan serta mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku, serta dapat menjadi pelopor keselamatan dimasa depan” tutupnya (lrz/sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *