Giat Bhabinkamtibmas Kelurahan Menteng Bersama Satgas BPBD untuk Mitigasi Banjir

Tribratanews.kalteng.polri.go.id
-Polresta Palangka Raya-
Polsek Pahandut Jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng – Sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat, Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Menteng, AIPTU Toha, bersama tim Satuan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Satgas BPBD) Kota Palangkaraya, melaksanakan kegiatan mitigasi pencegahan banjir di wilayah kota tersebut.
Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 09 November 2023, dimulai pukul 13.00 WIB di Jalan Patih Rumbih dan Jalan Tambun Bungai depan RSUD Doris Sylvanus, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya. Dalam kegiatan ini, tim terlibat dalam membersihkan parit sepanjang 250 meter, untuk mengantisipasi potensi banjir di wilayah tersebut.
Menurut AIPTU Toha, kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat penting. “Kami melaksanakan kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi dan kemitraan, serta mendekatkan diri antara Polri dan masyarakat. Keberadaan Polri, khususnya Bhabinkamtibmas, harus benar-benar bisa dirasakan oleh warga masyarakat yang menjadi binaan kami,” ujarnya.
Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Lurah Langkai, tim BPBD Kota Palangkaraya, Babinsa sebanyak 9 orang, Bhabinkamtibmas sebanyak 9 orang, serta beberapa Badan Penanggulangan Bencana lainnya seperti BPK Hiu Putih, BPK Banda Raya, BPK JLM, TSAK Bukit Tunggal, TSAK Petuk Ketimpun, dan MDMC.
Namun, pelaksanaan kegiatan tidak selalu berjalan mulus. Tim mengalami kendala di lapangan, terutama terkait drainase yang lubang controlnya tidak bisa dibuka, sehingga tim Satgas BPBD tidak bisa menyemprot area yang dimaksud.
Sarana dan prasarana yang digunakan dalam kegiatan ini sangat beragam, termasuk roda empat sebanyak 4 unit, roda dua sebanyak 20 unit, mesin portabel 2 unit, selang hisap 16 roll, selang tembak 3 roll, nozel 1,5 inci sebanyak 1 buah, cangkul 10 buah, sensaw 6 unit, parang 10 buah, gergaji 5 buah, tali sepanjang 50 meter, skop 10 buah, penggaruk 10 buah, sapu 10 buah, dan karung sebanyak 15 buah.
Kegiatan ini sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta memberikan perlindungan terhadap potensi bencana banjir. Semoga dengan kerjasama antara aparat keamanan dan masyarakat, wilayah Kota Palangkaraya dapat terhindar dari bencana banjir yang seringkali membawa dampak yang merugikan. (TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *