GO TW III Tahun 2023, Kapolresta Palangka Raya Paparkan Anev Kamtibmas dan Kesiapan Pam Pemilu

 – Polresta Palangka Raya – Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol. Budi Santosa, S.I.K., M.H. mengikuti Gelar Operasional (GO) yang digelar oleh Polda Kalteng untuk periode Triwulan III pada Tahun 2023.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang dipimpin oleh Kapolda, Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto, bersama Wakapolda dan Irwasda, Selasa (7/11/2023) pagi.
Sebelum dimulainya kegiatan, Kapolresta mengungkapkan beberapa hal terkait pelaksanaan GO Triwulan III Tahun 2023 yang akan diikuti juga oleh para Pejabat Utama (PJU) bersama para Kapolres jajaran Polda Kalteng.
“Gelar Operasional yang digelar oleh Polda Kalteng dalam rangka membahas analisa dan evaluasi atau anev situasi kamtibmas serta kesiapan pengamanan (pam) Pemilu Tahun 2023 hingga 2024 di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” ungkapnya.
Terkait pembahasan tersebut, Kombes Pol. Budi Santosa pun menyampaikan paparan terkait perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kota Palangka Raya mulai untuk periode Triwulan II hingga III Tahun 2023.
“Berdasarkan anev situasi kamtibmas, gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya untuk periode Triwulan III berjumlah 5 kasus, yang mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan periode Triwulan II yakni 8 kasus,” paparnya.
“Kemudian untuk penyelesaian tindak pidana yang dilakukan oleh Polresta Palangka Raya beserta jajaran mengalami peningkatan yakni dari 12 kasus di Triwulan II menjadi 27 kasus pada Triwulan III Tahun 2023,” lanjutnya.
Selain anev situasi kamtibmas, dirinya juga mengungkapkan sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Polresta Palangka Raya bersama jajaran dalam rangka mempersiapkan tugas pam Pemilu Tahun 2024 pada wilayah hukumnya.
“Demi mempersiapkan pam pemilu di wilayah Kota Palangka Raya, kita pun telah melakukan simulasi penanganan unras, Latpraops Operasi Mantap Brata (OMB), sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat, patroli dan sambang objek vital pemilu hingga pam pendaftaran pemilu,” tuturnya. 
“Termasuk juga menerapkan Asta Siap Pemilu Tahun 2024, dengan aspek prioritasnya yakni kesiapan piranti lunak, posko, latpraops, kondisi kamtibmas, dukungan masyarakat, kekuatan personel, kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras) serta dukungan anggaran,” pungkasnya. (pm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *